Kunjungan Industri SMK Kebangsaan ke Tahu Susu Lembang Bandung

Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh siswa/i SMK Kebangsaan. Kunjungan Industri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi sebuah perusahaan yang menjadi contoh kegiatan atau gambaran pekerjaan yang akan dilakukan oleh siswa atau peserta didik. Dalam kunjungan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja.

Dengan kunjungan industri siswa akan belajar mengenal kegiatan-kegiatan yang ada di industri, siswa akan melihat proses kerja yang dilakukan karyawan, siswa dapat belajar bagaimana prosedur operasi standar yang harus dilakukan oleh seorang karyawan.

Rumah Produksi Tahu Susu Lembang yang terletak di Jalan Raya Lembang no. 177, Lembang ini sudah berdiri semenjak akhir tahun 2008. Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh tahu susu Lembang ini adalah fasilitas drive thru yang berbentuk seperti SPBU. Tentu hal ini menjadi kelebihan dari Tahu Susu Lembang untuk melayani konsumennya yang sedang terburu-buru oleh jadwal kegiatan lainnya.

Tahu Susu Lembang ini berbeda dari tahu lainnya karena dalam proses pembuatannya menggunakan susu sapi murni dan margarin yang membuat tahu ini renyah diluar dan lembut didalam. Tahu susu ini terbuat dari kacang kedelai, susu sapi segar, margarin, bawang putih, biang tahu, kunyit, garam, serta air.

Proses produksi Tahu Susu Lembang dimulai dari proses perendaman kacang kedelai selama 4 jam. Setelah direndam, berikutnya kacang kedelai dicuci hingga bersih dan digiling hingga lembut. Kacang kedelai yang digiling kemudian direbus selama kurang lebih 1 jam sambil diaduk secara berkala. Berikutnya kacang kedelai disaring untuk memisahkan antara ampas dan sari kedelai.

Proses berikutnya adalah pencampuran sari kedelai dicampur susu murni, mentega, garam, dan biang tahu. Sari kedelai yang dicampur kemudian ditunggu mengental terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam cetakan kayu untuk di pres. Dari cetakan kayu, tahu susu kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran. Tahu yang dipotong kemudian direbus kembali bumbu berupa kunyit atau bawang putih yang tergantung jenis tahunya. Tahu kemudian didinginkan dan dibungkus, serta sudah menjadi siap dikonsumsi.

Proses pembuatan tahu susu lembang memang tidak jauh berbeda dengan pembuatan tahu pada umumnya akan tetapi bahannya yakni susu sapi yang murni dan segar yang membedakan tahu ini dibandingkan yang lain. Tak hanya itu fasilitas berupa restoran dan pusat oleh-oleh yang di Tahu Susu Lembang yang membuat tempat ini wajib untuk dikunjungi ketika datang ke Lembang.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Penerimaan Peserta Didik Baru (P...
Untuk adik- adik kelas IX SMP/MTs sederajat segera daftarkan d...
Field Trip SMK Kebangsaan - Lemb...
Field trip merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapa...
Kunjungan Industri SMK Kebangsaa...
Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan rutin tahunan yang di...
In House Training (IHT) SMK Pusa...
IIHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan komp...
Prospek Kerja Otomatisasi Tata K...
Kamu mungkin masih asing dengan jurusan OTKP di SMK (Sekolah M...
Prospek Kerja Desain Komunikasi ...
Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa SMK Kebangsaan  membuka ...

Hubungi kami di : (021) 7314316

Kirim email ke kamismkkbs.tangsel@gmail.com